Senin, 29 Juni 2009

Dihantam Obak KM Surya Kencana Terbalik

JAKARTA- Kapal Motor Surya Kencana yang membawa 6 orang penumpang dan 4 anak buah kapal (ABK), terbalik di sekitar perairan Pulau Untung Jawa, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Sabtu (27/6) sekitar pukul 15.30 Wib. Kapal terbalik ketika ombak besar menghantamnya.

Awal kejadian, Kapal yang diawaki Kapten Zaenal dan 3 ABK ini hendak mengantar 6 orang penumpang warga Kapuk yang hendak pergi memancing di sekitar perairan Pulau Pari. Selesai memancing, siangnya mereka berniat untuk kembali ke darat. Di luar dugaan, ketika berlayar menuju Kapuk, Jakarta Utara, tiba-tiba mereka diserang ombak besar di sebelah timur Perairan Pulau Untung Jawa. Kapal terseret ke daerah yang dangkal.

Angin yang betiup kencang membuat kapal terombang-ambing ombak dan terseret ke daerah yang dangkal. Tidak lama kemudian kapal terbalik sehingga seluruh penumpang terdiri dari 1 Kapten kapal, 3 anak buah kapal (ABK) dan 6 penumpangnya langsung bergelimpangan.

Peristiwa tersebut sempat disaksikan warga Pulau Untung Jawa dan Lurahnya, Eko Suroyo. Kejadian tersebut selanjutnya dilaporkan pula ke Pos Pol Untung Jawa. Petugas Pospol bersama-sama warga bergerak memberi pertolongan.

Penumpang yang berceceran di tengah laut dijemput satu persatu oleh nelayan. Selanjutnya penumpang dan ABK yang terdiri dari Zaenal, Aan Mantik, Edo, Robi, Subi, Tatamaji. Hendri, Fung Wan, dan Thsia Sau Hiang ditampung sementara di Kantor Kelurahan Pulau Untung Jawa. Mereka nampak sangat trauma dengan peristiwa tersebut.

Sedangkan Kapal Surya Kencana selanjutnya ditarik ke Pos Pol Untung Jawa.

“Saya tidak mampu mengendalikan kapal. Ombak sangat besar,” kata Zaenal, Kapten Kapal Surya Kencana, usai diselamatkan warga.

Sementara itu Lurah Pulau Untung Jawa, Eko Suroyo, mengingatkan kepada warga agar tidak memaksakan diri berlayar di saat ombak besar. Sebab jika terjadi kecelakaan mereka juga yang susah.

“Untung mereka menggunakan pelampung. Kalau tidak, mungkin kami tidak bisa menyelamatkannya,” kata Eko menambahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar