Selasa, 21 Juli 2009

Penyidik Lakukan Reka Ulang Perampokan Uang Rp15 Miliar

JAKARTA: Penyidik Polda Metro Jaya hari ini Rabu (22/7) melakukan reka ulang peristiwa penabrakan hingga pembajakan mobil pembawa uang Rp15miliar milik bank BNI 46. Reka ulang tersebut dilakukan polisi di lokasi kejadian di Jalan tol Dalam kota Letumenten, Tanjung Duren, Jakarta Barat dengan menghadirkan para pelaku, korban serta kendaraan mobil Isuzu Panther milik PT Cisco Cetris dan mobil Suzuki APV yang menabrak kendaraan jasa angkutan uang tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Chrysnanda Dwi Laksana, mengakui pihaknya melakukan reka ulang peristwa perampokan yang melibatkan orang dalam tersebut. Menurutnya rekontroksi ini tujuannya untuk mengetahui secara pasti aksi para pelaku saat melakukan pembajakan kendaraan tersebut.


"Reka ulang itu untuk mencocokkan hasil keterangan pelaku dengan peristiwa perampokan," ungkap Chrysnanda, kepada wartawan, Kamis (22/7).

Dalam reka ulang itu kata Kabid, Bripda Edi Purnawan juga dihadirkan karena anggota dari kesatuan Samapta itu terlibat langsung menjadi korban aksi perampokan dan penculikan yang dilakukan oleh para pelaku saat mengawal mobil pembawa uang tersebut. "Dia itu melakukan reka ulang mulai dia turun dari atas kendaraan hingga dia diculik dan dibuang ke tol Bitung, Tangerang," ujar Chrysnanda.

Barang yang dibawa polisi dalam reka ulang itu antara lain, 1 unit mobil Panther warna biru muda No. Pol. B 8252 KW, milik PT Cisco,satu bendel kunci kontak mobil berikut foto copy STNK mobil B 8252 KW, satu lember karcis parkir AirPort Bandara Soekarno Hatta, satu pucuk Senpi Pistol jenis GAS GUN Merk KJ-WORK warna hitam berikut magazen, empat buah amunisi AK-47, satu palu godam besi, satu kepala martil, potongan genbok berlebel kertas warna pink, Gembok bertuliskan angka 194, satu bendel plastik dokumen surat PT CENTRIS CISCO,Satu tas warna hitam merek The Nort Face berisi, dua jaket, satu tas warna coklat merk Fortune berisi perlengkapan mandi, dua lembar struk tol, satu pucuk senpi AK-47, empat tas besar, dua tas temat penyimpanan uang berwarna biru dengan lis oranye

Selain melakukan reka ulang di di jalan tol dalam kota, penyidik juga akan merekontruksi di Kali Banjir Kanal Timur, Cakung, Jakarta Timur karena di lokasi itu digunakan untuk membuang 6 buah tas dalam keadaan kosong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar